Minggu, 09 Juni 2013

Teknologi yang Canggih

            Kita menjalani kehidupan ini pasti tak lepas dengan penggunaan teknologi. Teknologi merupakan jembatan segala aspek ilmu pengetahuan maupun kehidupan.
Kita dapat melihat di lingkungan sekitar bahwa sudah banyak teknologi yang berkembang pesat. Namun, ada dua hal yang ingin saya bahas di sini: sisi positif dari penggunaan teknologi dan sisi negatif dari penggunaan teknologi.
Di antara hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan maupun ilmu pengetahuan, teknologi sangatlah memiliki peran yang luar biasa. Teknologi kini seakan sudah menjadi bagian dari hidup kita sendiri dimana tanpa menggunakannya hidup ini terasa hampa. 
Sisi positif penggunaan teknologi itu sendiri memiliki fungsi dan manfaat untuk mempermudah kegiatan manusia. Kita dapat melihat di sekeliling kita bahwa teknologi telah menggantikan pekerjaan manusia, sehingga dengan adanya teknologi manusia tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, waktu dan pikiran untuk melakukan suatu aktivitas. 
Sisi negatif dari penggunaan teknologi bermacam-macam wujudnya. Penggunaan teknologi dalam hal ini adalah penggunaan teknologi yang sangat berlebihan, sehingga menimbulkan dengan apa yang disebut kebodohan masyarakat. 
Dampak dari penggunaan teknologi yang berlebihan tersebut, yakni menjadi pemalas untuk melakukan aktivitas berkaitan dengan kehidupan sehari-hari serta bersifat konsumtif terhadap teknologi sehingga melupakan apa yang menjadi kewajibannya.

Salah satu contoh yang kasat mata adalah tugas kuliah. Meski kita sebagai mahasiswa telah mengetahui bahwa tugas kuliah didapat melalui internet hanya sebagai referensi, kita tetap saja tidak menggubrisnya. Namun, kita malah melakukan plagiat besar-besaran guna mengerjakan tugas kuliah. Inilah dampak yang menimbulkan masyarakat Indonesia khususnya pelajar menjadi malas dan memanfaatkan teknologi yang tidak semestinya.
Selain itu, penggunaan teknologi dalam hal ini melalui situs jejaring sosial, katakanlah facebook sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Adanya facebook ini membuat masyarakat lebih mudah berkomunikasi kepada kerabat-kerabat mereka yang jaraknya jauh dari jangkauan sehingga melalui facebook ini, mereka dapat berkomunikasi. Namun, penggunaan facebook yang sangat konsumtif ini menimbulkan masyarakat melupakan apa yang menjadi kewajibannya, dalam hal ini seorang pelajar yang seharusnya belajar. Mereka lebih menyukai untuk membuka buku muka daripada buku pelajaran. Hal inilah yang dapat menimbulkan kebodohan masyarakat.
Perlu kita sadari bahwa teknologi yang berkembang pesat saat ini untuk memudahkan pekerjaan manusia, sehingga dapat kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Namun, di samping itu kita harus tetap menggunakan teknologi tersebut sebagaimana mestinya, sehingga kita sebagai manusia tetap menjalankan aktivitas berupa kewajiban yang memang harus kita laksanakan. 
Adanya teknologi bukan berarti kita bebas menentukan apa yang kita inginkan sehingga menjadi orang pemalas, tetapi justru dengan adanya teknologi kita dapat menempatkannya sebagai pedoman kita untuk mempermudah kegiatan kita tanpa melupakan kewajiban kita sebagai manusia.
Jadi teknologi sangatlah penting bagi semua pengguna, manfaat yang banyak membuat penggung semakin mudah untuk mengakses aktifitas-aktifitas. Disamping didi positif banyak juga dari sisi negatif, namun itu semua kembali kepada penggunanya, bagaimana ia cara menggungakan teknologi yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar